Selasa, 25 Juni 2013

Tips Belajar Eksak ®


Mimin paham kok kalo banyak orang yang bilang kalo eksak itu pelajaran yang susah. Apalagi untuk kimia sama fisika, yang jadi pelajaran yang katanya paling paling paling serem. All of these problem, I want to try to tell you about the solution of them.

·         NIAT
Niat ini penting banget.. kalo ga ada niat untukbelajar pasti ga akan jadi belajar deh.. kalo niatnya ga bener, juga pasti ga efektif belajarnya.. jadi gini, kalo mau belajar.. yaa kita focus untuk belajar.. gimana biar focus?
ü  Rapihin meja belajar
Tempatin buku-buku biar gampang ditemuin pas lagi butuh.
ü  Kasih penerangan yang baik
Kalo lampunya remang-remang pasti kan bawaannya tidur
ü  Musnahkan perusuh
Perusuh? Yup! Kaya TV contohnya.. kalo ade atau kakak kamu, kamu anggap perusuh, menghindar dari mereka atau minta mereka untuk tidak mengganggu.
ü  Buat nyaman
Kalo kamu bisa nyaman dengan belajar dengan mendengarkan music, setel aja music, tapi kontrol volumenya juga yaa..

·         SUGESTI
Menurut mimin insan, sugesti merupakan sesuatu yang sangat penting. Biasanya, kalo mimin insan ikut olimpiade atau lomba apapun itu, dia mensugest ke otaknya kalo seluruh peserta yang datang memiliki kemampuan dibawahnya, dan itu memang terbukti sangat membantu.
                Mensugest dalam belajar eksak tidaklah jauh berbeda. Kita harus meyakinkan ke otak kita kalo pelajaran eksak itu mudah. Jangan pernah bilang kalo pelajaran eksak itu susah. Kalo udah bilang pelajaran eksak itu susah, otak kita pun akan kesulitan untuk mempelajari eksak, dan tidak akan bekerja maksimal saat belajar eksak.
                Jadi, yakin! Percaya! Kalo eksak itu mudah! Yakin! Yakin! Yakin!

·         PAHAMIN ISTILAH
Nah.. ini juga penting banget loh.. Jadi, biar kita mudah untuk mempelajari pelajaran eksak, kita harus tau dulu istilah-istilah yang ada. Such as massa, hipotenusa, organisme, atom. Kenapa ini dianggep penting? Paham istilah-istilah ini membantu mengefisienkan waktu. Coba kalo bentar-bentar cari istilah, yang ada kita keabisan waktu dan ga selesai mempelajari materi-materi yang begitu banyaknya di pelajaran eksak.

·         LOGIKA
Setelah ada niat yang kokoh, sugesti yang mendalami, juga paham istilah. Kita akan mudah menjalankan logika kita. Kita juga bisa mengembangkan logika kita dari kejadian alam yang ada untuk membantu mempelajari eksak. Example: pelajaran biologi + fisika. Kalo terjadi pendarahan pada kaki, apa yang bisa kita lakukan? Yup! Mengangkat kaki agar letaknya diatas jantung. Why? Karena jantung akan memompa berlawanan arah dengan gaya gravitasi sehingga aliran darah menjadi pelan.
Itu tadi Cuma satu contoh dari yaaa… sebenernya masih ada sekian banyaknya contoh lain di dunia ini..


Mungkin cuma ini tips yang bisa mimin insan kasih. Maapin mimin yaa kalo mungkin masih banyak kekurangan dalam pemberian tips ini. Maapin juga yaa kalo dalam penulisan ini ada typo dari mimin. That’s all~

~TAKE THIS A CERTAINTY OF A LOT OF UNCERTAINTIES~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~~~ GIVE YOUR BEST COMMENT FOR US ~~~
~~~ GIVE YOUR BEST COMMENT FOR US ~~~
~~~ GIVE YOUR BEST COMMENT FOR US ~~~