Sabtu, 17 Desember 2016

Gripper Polybox Polman Astra


Perkembangan teknologi di era modern ini menuntut perkembangan di berbagai aspek. Dalam dunia industri perkembangan robot sangat dibutuhkan untuk mempercepat suatu proses produksi. Ada berbagai macam robot di dunia industri, salah satunya adalah jenis arm. Umumnya robot ini memiliki 6 aksis dengan 3 engsel. Setiap robot arm memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung dengan gripper yang dibuat serta benda kerja yang akan di grip.


Pada projek kali ini, kami membuat gripper yang berfungsi untuk mengambil Polybox Polman Astra dari mold (cetakan) untuk dipindahkan ke meja atau konveyor. Polybox Polman Astra sendiri merupakan sebuah wadah berbahan dasar plastik terutama polyprophilane yang biasanya digunakan untuk meletakan komponen-komponen mekanik kecil seperti nut (mur), bolt (baut), washer (ring), spring (per), dan sebagainya.

Untuk design kami buat dengan pertimbangan:
  1. Design gripper dibuat untuk menggrip polybox polman astra
  2. Design dapat dibuat dengan machining yang minimum
  3. Material yang kuat dan tersedia di gudang material sisa
Gripper memiliki 3 arm untuk menggrip 3 sisi pada polybox, Gripper ini menggunakan bahan baku utama berupa Acrylic dikarenakan ketersediaannya di gudang, memiliki ketangguhan yang baik, serta dapat diproses menggunakan gergaji.

Prinsip kerja dari gripper yang kami buat yaitu, Gripper menggunakan mekanisme pneumatik dan pegas. Arm dari gripper terbuka saat didorong oleh piston. Kemudian, Arm menutup saat piston mundur dengan bantuan pegas. Saat menutup, gripper melakukan proses grip pada objek yang dituju (Polybox Polman Astra).

Projek Gripper ini dimulai pada bulan Oktober 2016 dan selesai pada bulan September 2016

Our Design:







Our Trial Video:



check on youtube:
Click This --> Gripper Polybox Polman Astra

Our Team:

  1. Adek Ahmed Najihul Umam (0120140001) - Leader
  2. Khairul Anuar (0120140013) - PIC Tools
  3. Muhammad Insan Tauhid (0120140015) - PIC Design
  4. Muhammad Rizky Nugraha (0120140016) - PIC PPC
  5. Muhammad Syaichoni (0120140017) - PIC Machining




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~~~ GIVE YOUR BEST COMMENT FOR US ~~~
~~~ GIVE YOUR BEST COMMENT FOR US ~~~
~~~ GIVE YOUR BEST COMMENT FOR US ~~~